Selasa, 23 Juni 2009

Sikap Guru Terhadap Siswanya

Bagaimana Seorang Guru Bersikap Terhadap Siswanya

Ada beberapa hal yang harus difahami bersama, bahwa sikap guru (termasuk juga image guru) memegang peran penting dalam menentukan siswa akan suka/tidak pada pelajaran yang diampu guru tersebut.
Banyak contoh yang dapat kita cermati dari sekitar kita saja, atau kalau kita mau, kita dapat coba cek kepada adik kita atau anak kita.

Namun, dari sekian banyak guru ada yang terlalu idealis dalam mengelola kelas. Idealis dalam arti siswa harus memiliki pemahaman yang harus sama dengan pemahaman guru tersebut. Atau ada yang menganggap siswanya terlalu lama dalam memahami suatu pokok bahasan, dalam pelajaran yang diampu tersebut. Bahkan ada yang mengecap siswanya bodoh.

Rasanya yang paling akhir tadi cukup membahayakan ‘jiwa’ siswa. Disadari/tidak, semua siswa pasti memiliki kepandaian/kecerdasan/kelebihan. Bila kita menganggap siswa terlalu lambat dalam memahami materi, coba kita pertimbangan faktor-faktor berikut ini:
1. Sudah berapa lama kita mempelajari materi tersebut dan berapa lama siswa mempelajari materi tersebut?
2. Berapa banyak referensi yang kita pergunakan dan berapa banyak referensi yang dipergunakan siswa?
3. Berapa macam pelajaran yang kita pelajari dan berapa macam pelajaran yang harus dipelajari siswa?
4. Berapa porsi waktu kita untuk mendalami materi kita di luar jam pelajaran dan berapa porsi yang dimiliki siswa dalam membagi waktu dengan pelajaran-pelajaran lain di sekolah?

Bila kita bijak, kalimat yang menyebutkan bahwa ada siswa yang ‘bodoh’ tentu tidak akan terucap. Yang ada hanya siswa kurang begitu memahami materi dengan baik.

Satu hal penting lain yang tidak dapat kita remehkan adalah: Boleh jadi siswa yang kita anggap bodoh tersebut satu saat nanti akan jauh melampaui level kita (guru), bisa menjadi pilot betul, dosen betul, presiden betul, dokter betul, dan seterusnya… Dan boleh jadi tadinya saat kecil kita bercita-cita menjadi pilot tetapi tidak kesampaian…

Comments :

0 komentar to “Sikap Guru Terhadap Siswanya”

← Photobucket Photobucket → Photobucket

Daftar Hosting dan Domain Gratis

Free Website Hosting
CO.CC:Free Domain

Judul Posting

Profit 2% Perhari Mau..??

www.silverstructure.com

Download-Upload dapat Dollar

Big Extra Cash Money

Get cash from your website. Sign up as affiliate.

Profit 2% Per Hari 60% Per Bulan Pasti

Ingin dapat Dollar Gratis Ayo Join disini

How would you like to get $10 free? Nothing to buy! Visit GeoString.com
 

Copyright © 2009 by Media Belajar di Internet